Buku Panduan Pendataan Peserta UN di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag - emissimpatikazone
logo

Buku Panduan Pendataan Peserta UN di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag

Buku Panduan Pendataan Peserta UN di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag

Buku Panduan Pendataan Peserta UN di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag - Memasuki tahap awal pendataan calon peserta Ujian Nasional (CAPESUN) terdapat proses penting yang harus diselesaikan oleh Operator Madrasah. Proses tersebut yaitu validasi data peserta UN di laman web pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag.

Dalam tahap validasi pserta ujian nasional di PD DATA KEMENAG ini operator harus melakukan cek Data Identitas Peserta Ujia mulai dari Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, NISN, NIK DAN Nama Orang Tua.

Buku Panduan Pendataan Peserta UN di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag

Pada pendataan ini difokuskan ke validan Data Identitas terhadap NISN dengan acuan data Kependudukan seperti Kartu Keluarga dan Akte kelahiran. Jadi Pafa proses ini harus benar - benar valid bagi semua jejaang. Karena NIS ini akan berlaku nanti ketika mendaftar seleksi Perguruan Tinggin Negei sreta untuk Syarat Lomba OSM.

Akses Login ke laman web pendataan PD DATA KEMENAG ( pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag )

Untuk menggunakan laman web tersebut operator wajib melakukan login pada alamat pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag. Kemudian setelah itu diharuskan mengisi username dan password. Username dan Password yang digunakan ini sama dengan username dan password akun SDM ( sda.data.kemdikbud.go.id). Berikut tampilan menu loginnya:

Tampilan Login Pendataan Peserta UN di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag

Pak bagaimana jika saya lupa atau tidak punya akun di laman web SDM ?

Jika anda tidak punya akun di SDM maka wajib mendaftar terlebih dahulu di laman SDM. Sedangkan bagi yang lupa password dan masih ingat emailnya bisa melakukan reset password di menu lupa kata/password. Tapi jika tahu sama sekali email dan password nya silahkan Daftar baru.

Pak berapa lama akun disetujui oleh admin ?

Nah ketika anda telah berhasil mendaftar akun di SDM tidak langsung aktif, tetapi menunggu persetujuan dari admin jadi menuggu antrian terlebih dahulu. Selama menunggu anda bisa melakukan cek status pendaftaran di menu cek status pendaftaran. Apabila hasil cek muncul akun sudah aktif maka pendaftaran anda sudah disetujui. Biasanya 1 hari akun sudah disetujui tapi bergantung antrian pendaftaran.

Akun sudah aktif dan disetujui tetapi tidak  bisa login di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag ?

Hal ini banyak terjadi pada akun baru, jadi semua akun yang baru didaftarkan tidak bisa login di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag. Hal ini sudah kami tanyakan kepada pihak kanwil dan jawabannya disuruh menunggu, entah berapa hari tidak dijelaskan secara pasti.

Tampilan Dashboard PD DATA KEMENAG ( pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag )

Pastinya dari tadi anda hanya membayangkan seperti apa laman PD DATA KEMENAG, nah berikut ini tampilan DASHBORAD PD DATA KEMENAG ( pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag ) :

Tampilan DashboardPendataan Peserta UN di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag

Daftar Menu Pendataan Peserta UN PD DATA KEMENAG

Berikut ini beberapa menu utama yang terdapat pada aplikasi pendataan peserta ujian nasionla di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag :

1. Peserta Didik

Pada menu terdapat daftar peserta didik siswa kelas akhir yang diambilkan dari EMIS. Jika menemukan warna pada data peseta didika anda berarti menandakan ada sesuatu hal yang perlu anda cek. Warna yang terdapat pada menu tersebut adalah kuning dan merah.


  • Apabila pada tabel NISN berwarna kuning, berarti peserta didik tersebut belum memiliki NISN
  • Apabila pada tabel NIK berwarna merah, berarti peserta didik tersebut belum mengisikan NIK
  • Icon Peserta Didik apabila di ‘klik’ maka akan dialihkan ke halaman “Profil Siswa”

Pada profil siswa terdapa beberapa data menu lagi yang lumayan kompleks jad silakan lengkapi dari yang paling penting terlebihn dahulu.

2. Residu

Menu Residu berisi tabel kelengkapan variabel data peserta didik. Apabila data peserta didik sesuai maka akan dicentang warna hijau. Namun apabila data peserta didik tidak sesuai/ kosong maka akan disilang merah.

Dalam residu terdapat beberpa kolom yang berisi data siswa calon peserta ujian nasional dengan keteranga sebagai berikut :


  • Untuk Kolom Rombel/Sekolah bila dicentang hijau maka keterangannya “Unik”. Apabila disilang merah maka keterangannya “Siswa Teridentifikasi Mempunyai Lebih dari 1 Rombel/Sekolah”.
  • Untuk Kolom NISN bila dicentang hijau maka keterangannya “Unik”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “NISN Kosong”, “NISN Tidak Sesuai dengan Format”, dan “NISN Dipakai Lebih dari 1 Record”.
  • Untuk Kolom Nama bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “Nama Kosong”, “Nama Kurang dari 3 Huruf”, dan “Nama Mengandung Spesial Karakter atau Angka”.
  • Untuk Kolom Tempat Lahir bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “Tempat Lahir Kosong”, “Tempat Lahir Kurang dari 3 Huruf”, dan “Tempat Lahir Mengandung Spesial Karakter atau Angka”.
  • Untuk Kolom Tanggal Lahir bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada 2 kemungkinan yaitu; “Tanggal Lahir Kosong” dan “Tanggal Lahir Tidak Logis”.
  • Untuk Kolom Ibu Kandung bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “Nama Ibu Kandung Kosong”, “Nama Ibu Kandung Kurang dari 3 Huruf”, dan “Nama Ibu Kandung Mengandung Spesial Karakter atau Angka”.
  • Untuk Kolom NIK bila dicentang hijau maka keterangannya “Unik”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada 2 kemungkinan yaitu; “NIK Kosong” dan “NIK dipakai oleh lebih dari 1 Record”.

3. Edit NISN

Pada pendataan PD DATA KEMENAG ini tergolong istimewa karena operator dapat mengajukan EDIT NISN dengan syarat - syarat tertentu. Jadi apabila menemukan NISN yang tidak sesuai dengan data Kependudukan maka dapat diajukan update data sesuai dengan data yang benar.

Menud EDIT NISN ini terdapat penjelasan secara tersendiri dan akan kami bahas pada artikel berikutnya. atau anda bisa memahaminya sendiri di Buku Panduan Pendataan Peserta PD DATA KEMENAG yang akan kami bagikan diakhir nanti.

4. Edit Identitas

Inilah alasan mengapa kami menganggap bahwa pendataan ini istimewa karena operator dapat EDIT NISN sekaligus dengan Edit Identitas Peserta Didik. Menu ini juga dijelaskan secara terperinci dalam buku panduan.

Download Buku Panduan Pendataan Peserta UN di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag
Sesuai dengan ucapan bahwa kami akan membagikan Buku Panduan Pendataan Peserta Ujian PD DATA KEMENAG. Bagi anda yang sedang membutuhkan silahkan bisa mendownloadnya melalui link yang kami bagikan dibawah ini:

Buku Panduan Pendataan Peserta UN PD DATA KEMENAG ( pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag)

Silahkan unduh pada link diatas, apabila link download mengalami rusak, error atau lainnya silahkah hubungi kami melalui kolom komentar aga admin tau dan dapat segera diperbaiki.

Demikianlah informasi tentang Buku Panduan Pendataan Peserta UN di pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang sedang membutuhkan. Jangan lupa bagikan artkel ini agar tambah bermanfaat. Karea satu share anda sangat bergharga bagi kami. Terima Kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact