Pentingnya Mengisi NIK Pada Pendataan EMIS Madrasah - emissimpatikazone
logo

Pentingnya Mengisi NIK Pada Pendataan EMIS Madrasah

Pentingnya Mengisi NIK Pada Pendataan EMIS Madrasah

Ini Dia Alasan Mengapa Pentinganya Data NIK Wajid di Isi Pada Pendataan Emis - Assalamualaikum operator madrasah yang berbahagia, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, keberkahan oleh Allah SWT dan dimasukkan kedalam orang - orang yang beruntung. Pada kesempatan kali ini emissimpatikazone akan berbagi pengalaman mengenai Pentingnya Mengisi NIK Pada Pendataan EMIS Madrasah.

Namun sebelumnya silahkan Subscribe Channel Youtube emisspatikazone DISINI. Karena tutorial juga akan tersedia dalam bentuk video serta video - video menarik lainnya.

Sejak beberapa tahun lalu, Data NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada pendataan EMIS Madrasah selalu disertakan. Terutama pada NIK Siswa, kemudian pada pendataan EMIS tahun selanjutnya diperluas kembali permintaan data NIK hingga ke NIK kedua orang tua beserta dengan Nomor KK. Setelah itu benar - benar dibutuhkan hingga ke aplikasi Emis Madrasah berbasis WEB.

Pentingnya Mengisi NIK Pada Pendataan EMIS Madrasah


Tentunya permintaan data NIK yang semakin lengkap ini cukup membuat operator kewalahan. Sebab data yang dimasukkan pada EMIS semakin banyak. Selain itu operator juga merasa kesulitan siswa yang bersangkutan sangat susah untuk dimintai berkas Fotokopi kartu KK yang dalamnya memuat NIK seluruh keluarga.



Oleh sebab itu dari keseluruhan operator madrasah ternyata banyak yang tidak mengisi NIK. Namun tahukah anda bahwa NIK pada data EMIS sangat PENTING ??? Salah satu hal penting dari NIK adalah sebagai Perbaikan Basis Data Pemberian Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui EMIS.

Pemerintah mulai berbenah dalam hal pendataan agar bantuan yang di berikan terserap sesuai dengan tujuan yang diharapkan yakni tepat sasaran dan dalam hal ini Madrasah mulai dibenahi melalui sistem pendataan Education Manajeman Information Sistem (EMIS) yang dimana untuk tahun ini para operator madrasah diharapkan menvalidasi NIK siswa sesuai dengan data yang ada di DISDUKCAPIL.

Nah bagi teman - teman Operator mulai saat ini harus melengkapi data - data yang diminta pada Pendataan EMIS termasuk NIK. Pemutakhiran data EMIS diharapkan mampu sesuai dengan kondisi ril dengan data - data yang ada pada dokumen yang dimiliki siswa karena rencana kedepan EMIS akan menjadi basis data semua aplikasi yang ada di Kementerian Agama oleh sebab itu agar teman - teman operator madrasah benar - benar memperhatikan kevalidan data yang dimasukkan di EMIS.

Selain itu pemanfaat NIK juga digunakan sebagai penentuan siswa yang berhak menerima PIP. Dengan NIK maka akan secara otomatis siswa tersebut terdeteksi di data Kemensos, sebagai contoh pada tahun lalu ada aplikasi SIBOS PINTAR, yang ketika kita melengkapi data NIK maka akan secara otomatis terdeteksi masik ke FUM.

Akibat Tidak Mengisi NIK


Nah disini ada kasus Madrasah yang hanya mendapatkan PIP sejumlah 10 siswa saja dari sekitar 500 siswa. Ini akibat dari tidak melengkapi detail siswa pada aplikasi SIBOS PINTAR. Padahal semua data nama siswa sudah masuk ke aplikasi namun tidak dilengkapi detailnya seperti NIK dan lainnya. Jika seperti ini kasihan siswa yang sebenarnya berhak menerima berdasarkan NIK malah tidak mendapatkan PIP.

Jadi kepada seluruh operator mulai saat ini mari kita perbaiki data masing - masing. Jangan anggap data - data tersebut tidak berguna. Adanya diminta pasti akan digunakan meskipun kita belum tahu untuk apa. Paling penting data yang kita kirimkan benar - benar valid tidak memikirkan untuk apa itu. Masalah reward atau amplop jika ada diterima jika tidak ada ya minta,, 😄

Program Indonesia Pintar (PIP) Dipantau KPK


Bantuan sosial termasuk Program Indonesia Pintar (PIP) kini memang sangat serius diperhatikan jal ini sebagai mana surat edaran nomor Und/910/KSP.00/10-16/08/2019 tanggal 12 Agustus 2019 bahwa KPK memantau mengajak Kementerian Agama untuk berkomitmen dalam hal data jadi perlu kita berhati - hati dalam melakukan pendataan utamanya data siswa yang akan mendapat PIP karena hal ini di pantau oleh Komisi Pembrantasan Korupsi ( KPK ).

Berikut Suratnya : 



Berdasarkan hal tersebut, bisa ambil kesimpulan penting bahwa surat undangan KPK yang akan berkomitmen dalam hal perbaikan dan pemanfaatan NIK sebagai basis data.

Maka dari itu sesuai instruksi dari TIM EMIS PUSAT yaitu dimohon kepada seluruh operator untuk pendataan semester ini hingga seterusnya harapa mengisikan NIK, baik itu NIK pada siswa maupun Orang Tua Ayah dan Ibu. Dan NIK yang masukkan pun juga harus maksimal benar serta valid  karena ke depan atribut NIK akan menjadi variabel kunci dalam implementasi program bantuan sosial, seperti PIP dan lainnya.

Baiklah demikian informasi tentang Pentingnya Mengisi NIK Pada Pendataan EMIS Madrasah yang emissimpatikazone sampaikan. Semoga informasi bermanfaat bagi teman - teman semuanya. Jangan Lupa share artikel ini agar semua megetahuinya, Terima Kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact