Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru - emissimpatikazone
logo

Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru

Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru

Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru - Membackup atau melakukan Migrasi Data dari VDI Aplikasi Raport Digital lama ke VDI Aplikasi Raport Digital memang perlu dilakukan. Terlebih bagi madrasah yang sudah menggunakan Aplikasi Raport Digital ( ARD ) hingga ke proses pencetakan. Hal ini terjadi setelah ditutupnya akses ARD yang kemudian rilis VDI Aplikasi Raport Digital terbaru pertanggal 5 Juli 2019.

Membackup / Migrasi Database Aplikasi Raport Digital digunakan untuk memindahkan Data yang terdapat pada VDI lama ke VDI baru. Sehingga dengan melakukan migrasi semua data - data yang ada pada VDI lama akan secara tersistem berpindah ke VDI terbaru versi rilis tanggal 05 Juli 2019.

Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru

Untuk melakukan migrasi atau memindah data diperlukan VDI lama karena menjadi sumber data. Sehingga jangan sampai menghapus VDI lama pada Virtual Box maupun file VDI nya. Selain itu dibutuhkan juga VDI terbaru yang sudah terpasang pada Virtual Box secara benar. Jadi nantinya terdapat 2 VDI Aplikasi Raport Digital yang terpasang pada satu virtual box.

Nah itulah sedikit gambaran mengenai proses migrasi data Aplikasi Raport Digital  ( ARD ) dari VDI lama ke VDI baru. Bagi anda yang belum mempunyai VDI ARD terbaru update 5 Juli 2019, silahkan unduh disini : Alternatif Link Download VDI ARD Terbaru Support Migrasi Database

Jika sudah memiliki file VDI terbaru maka proses migrasi dapat dilakukan. Untuk proses migrasi tidaklah rumit namun jika tidak sesuai prosedur maka besar kemungkinan proses Migrasi akan gagal. Maka dari itu agar meminimalisasi gagal migrasi Aplikasi Raport Digital ( ARD ), emissimpatikazone akan memberikan tutorial lengkapnya.

Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru


Pada kesempatan kali ini emissimpatikazone akan membahas tentang bagaimana cara Migrasi Aplikasi Raport Digital. Cara - cara yang kami berikan akan disampaikan sejelas mungkin agar anda semuanya paham. Sehingga tingkat kegagalan migrasi dapat terhidari.

Baiklah berikut ini Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru. Silahkan perhatikan dengan sebaik - baiknya agar proses migrasi berhasil. Berikut panduannya :

  • 1. Silahkan unduh terlebih dahulu VDI ARD Terbaru
  • 2. Install VDI Baru pada aplikasi Virtual Box. Pastikan anda tidak menghapus VDI yang lama. Karena database dari VDI yang lama akan digunakan pada VDI baru
  • 3. Cara Instal VDI Baru sama seperti Install VDI yang sebelumnya. Jika belum paham bisa ikuti tutorial Instalnya disini : Cara Lengkap Instal VDI Aplikasi ARD Pada Virtual Box
  • 4. Bagi yang terkendala error UUID ketika load VDI, Silahkan ikuti langkah ini  : Cara Mengganti UUID VDI
  • 5. Pastikan Anda telah menginstal VDI baru dengan benar hingga bisa Running
  • 6. Jalankan VDI yang lama terlebih dahulu. Hinggan menampilkan IP VDI
  • 7. Kemudian setelah VDI lama berjalan, maka dilanjutkan dengan menjalankan VDI Baru (Untuk akses VDI Baru gunakan alamat : 192.168.0.102)
Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru

Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru

  • 8. Akses VDI Aplikasi Raport Digital Terbaru dalamat 192.168.0.102
  • 9. Setelah berhasil menjalankan VDI Baru. Kemudian klik menu Backup pada VDI Baru.

Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru

  • 10. Kemudian klik tombol "Migrasi Database Lama ke VDI Baru"


  • 11. Setelah berhasil migrasi database lama ke VDI baru. Klik tombol “Penggunaan VDI Baru” atau klik tombol “Beranda”

Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru

  • 12. Setelah tampilan beranda terlihat silahkan lakukan login dengan akun Madrasah anda
  • 13. Setelah semua langkah telah berjalan dan berhasil anda dapat menghapus VDI lama (Optional). Sebelum menghapus silahkan pastikan semua data telah berhasil masuk
  • 14. Selesai


Catatan :

  • Migrasi hanya memindah Database
  • Menurut hasil pemgamatan proses Migrasi berhasil semua data - data madrasah bisa masuk ke VDI baru. Namun untuk foto tidak muncul alias tidak ikut terbakcup saat Migrasi.

Itulah panduan cara migrasi database Aplikasi Raport Digital ( ARD ) dari VDI lama ke VDI baru. Dengan melakukan migrasi ini memudahkan dalam menggunakan VDI terbaru, sehingga tidak perlu input ulang data - data Madrasah yang ada pada Aplikasi Raport Digital.

Untuk diperhatikan pastikan ketika melakukan Migrasi alangkah lebih baiknya komputer server sudah terpasang sesuai prosedur sehingga tidak ada kendala teknis. Dan pastikan pula komputer server dalam kondis baik agar tidak terjadi error komputer ditengah proses migrasi. Karena pada proses migrasi menjalankan 2 mesin virtual sehingga banyak memakan sistem komputer. Untuk itu tetap sesuai prosedur yang telah di rekomendasikan.

Demikianlah tutorial tentang Panduan Cara Migrasi Aplikasi Raport Digital (ARD) Dari VDI Lama ke VDI Baru. Semoga tutorial yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bagikan artikel ini agar bermanfaat bagi madrasah yang membutuhkan. Terima Kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact