logo

Cara Sukses Upload template PPDB Emis

Cara Sukses Upload template PPDB Emis
SHARE

Cara Sukses Upload template PPDB Emis - Pendataan EMIS PPDB dilakukan melalui upload Template Excel yang sudah di convert ke CSV. Template PPDB yang diuduh dari web EMIS digunakan sebagai upload data peserta didik dari siswa yang berasal dari sekolah umum.

Cara Sukses Upload template PPDB Emis

Didalam template excel PPDB sudah diberi contoh bagaimana format cara pengisiannya. Anda tinggal menyesuaikan dan menyamakan ketika mengisi dengan data siswa PPDB milik madrasah anda. Jika ada format yang menggunakan tanda petik diawal maka samakan beri tanda petik juga saat mengisinya.

Intinya ikuti saja permintaan dari template dan jangan sekali - kali merubah format isian excel yang ada pada template excel PPDD, dengan mengisi template sesuai format dan petunjuk insyaallah tida akan mengalami error pada saat upload ke web emis.

Tips Mengisi Template PPDB Emis Agar Sukses Upload


Emissimpatikazone akan berbagi pengalaman bagaimana mengisi template PPDB agar sesui format yang ada pada contoh didalam template excel.

1. Isi Data Sesuai Contoh Pada Template

Ketika anda sudah membuka template PPDB emis maka akan melihat dua baris contoh pengisian. Nah amati dan perhatikan format tiap kolomnya. Jika pada kolom tersebut terdapt tanda petik ( ' ) pada isiannya maka nanti ketika anda mengisi harus ada tanpa petiknyan juga.

Usahakan jangan sampai tidak sama karena besar kemungkinan akan error ketika di upload ke web Emis.

2. Samakan Format Tiap Barisnya

Sebelum mengisi data pada baris berikutnya makan lakukan dulu COPY - PASTE Baris, pastekan hingga sesuai dengan jumlah siswa tiap masing - masing rombelnya. Maksud dari cara ini adalah agar format baris dibawahnya sama dengan baris yang dibuat contoh.

Dengan demikian anda tinggal mengisinya saja dengan data siswa PPDB emis.

3. Gunakan Paste Value saat melakukan Copy - Paste

Nah ini sangat penting sekali, biasanya operator mengisi template dengan cara copy paste. Namun saat paste ini ada hal yang perlu dikhususkan yaitu paste dengan PASTE VALUE agar hasil pastenya Value ( isi ) saja.

Jika anda melakukan paste data menggunakan paste biasa maka nanti hasil pastenya akan merubah format isian pada Template PPDB Emis dan ini jelas akan mengalami gagal upload.

4. Lengkapi Data

Data tiap kolomnya direkomendasikan untuk dilengkapi per by name nya. Kolom yang wajid diisi menurut hasil pengamatan kami yaitu semua kolom wajib di isi terutama pada kolom NIK Kecuali kolom NISN.

Pada kolom NISN ini jika dikosongkan proses upload tetap berhasil, berbeda denga kolom selain itu pasti sudah keluar peringatan merah.

5. Pastikan Save As Template ke CSV Benar

Ini hal sangat penting ketika sudah selesai melengkapi data template PPDB emis maka template di Save As ke CSV. Dalam Save as CSV pilih pada CSV Comma Delimited sesuai permintan dari web emis.

Kemudian setelah jadi CSV jangan lupa cek file CSV nya menggunakan notepad. Untuk cara cek nya berikut ini.

Cara Cek File CSV Template PPDB Emis


Nah berikut ini emssimpatikazone berikan cara cek file CSV template PPDB emis :


  • Buka folder dimana anda menyimpan file hasil save as ke CSV
  • Klik kana pada file CSV nya
  • Kemudian pilih Open With
  • Setelah itu klik Notepad


File CSV ara Sukses Upload template PPDB Emis akan terbuka menggunakan notepad, kemudian laikan pengecekan. Jika setelah dibuka menggunakan notapad muncul data yang dipisahkan dengan tanda koma ( , ) makan file CSV sudah sesuai dengan permintaan web emis.

Tetpi jika muncul data pada notepad berupa tanda titik kom ( ; ) maka file CSV akan mengalami error ketika proses upload.

Solusinya silahkan ulangi save as CSV lagi menggunakan komputer lain., Jika masih tidak bisa juga maka gunakan aplikasi convert Excel ke CSV secara online.

Masih dalam notepad jika menemukan tanda koma yang berlebihan pada bawah data seperti ( , , , , , , , , , ) silahkan hapus kemudian save. Silahkan upload file CSV tersebut ke web emis dan hasilnya pasti akan suskes terupload, namun jika error 404 atau lainnya berarti itu disebabkan oleh Web emisnya yang overload.

Nah itlah tips untuk sukses upload template PPDB emis, Semua tips yang telah kami berikan semoga dapat membantu . Jik masih ada masalah namun belum tersolusi bisa ditanyakan melalui kolom komentar.

Demikian pembahasan tentang Cara Sukses Upload template PPDB Emis. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact