logo

Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar

Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar
SHARE

Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar - Pada pendataan Aplikasi Manajemen Ujian Nasional operator diharuskan mengisi sebuah template yang telah disediakan pada Aplikasi E-MANJA. Template Excel E-MANJA ini diisikan data CAPESUN masing - masing madrasah. Terdapat kode ID peserta dan ID madrasah yang sudah ada dalam template, kode tersebut menurut juknis dilarang mengedit.
Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar

Kode - kode dalam template tidak boleh dirubah kita biarkan saja. Fokuslah pada data yang wajib kita isikan yaitu kolom - kolom kosong yang terdapat pada template E-MANJA. Dalam mengisikan template ini sudah dijelaskan dalam Petunjuk Teknis E-MANJA |UNDUH DISINI|. Gunakanlah juknis trebaru versi revisi jangan menggunakan juknis yang pertama karena terdapat perubahan kode pengisian.

Dalam mengisi template dapat dikatakan susah susah gampang, karena menurut kita data yang sudah dimasukkan benar tetapi ketika upload ke Aplikasi hanya proses loading saja yang muncul. Hal ini menandakan data yang kita isikan dalam template dan file save as CSV tidak sejalan dengan permintaan Aplikasi E- MANJA. Untuk itu kita harus jeli dalam mengsikan data.

Bagaimana pengisian template E-MANJA yang benar ?

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini emissimpatikazone akan berbagi pengalaman dalam mengisi template Aplikasi Manajemen Ujian Nasional (E-MANJA). Juknis yang emissimpatikazone gunkan untuk mengisi template menggunkan juknis versi revisi terbaru yang dapat adan download pada link diatas tadi.

Disarankan untuk melakukan setting regional terlebih dahulu sebelum mengisi template, untuk caranya silhakan atur PC/laptop anda pada link ini (Baca Selengkapnya : Setting Regional pada PC/Laptop)

Baiklah langsung saja, berikut cara mengisi template E-MANJA dengan mudah dan benar :

1. Siapkan data utama, pastikan sudah valid dan benar
2. Download template Aplikasi E-MANJA
3. Buka data master anda masing - masing dan template Aplikasi E-MANJA
4. Jika muncul notifikasi saat membuka file template. Klik OK/YES
5. Setelah terbuka mari kita isi satu persatu kolom yang masih kosong.

Proses pengisian Template Excel yang Benar Sesuai Juknis Versi revisi Terbaru


1. Kolom ID SISWA (Birkan saja, jangan dirubah)
2. Kolom NAMA LENGKAP (Silahklan perbaiki data nama lengkap jika sebelumnya ada kesalahan)
3. Kolom JENIS KELAMIN. Isikan dengan kode L : Laki - laki, P : Perempuan (bukan kode Angka)

Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar

4. Kolom NISN. Isikan NISN diawali denga tanda petik satu ( ' ), petik yang digunakan petik sebelah tombol ENTER. Silahkan edit NISN jika ada data yang sebelumnya tidak valid NISN nya.
Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar


5. Kolom TEMPAT LAHIR dan TANGGAL LAHIR. Sudah terisi otomatis namun jika ada perubahan data silahkan diperbaiki. Tanggal Lahir diawali deng tanda petik satu ( ' ) petik yang digunakan petik sebelah tombol ENTER. Format Tanggal Lahir (yyyy-mm-dd)
Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar

6. Kolom ALAMAT PD. Disikan Alamat peserta didik, dalam pengisian jangan sampai ada tanda koma ( , ).
7. Kolom KODE AGAMA . Disikan kode Agama Islama yaitu ( A ), bukan kode angka.
8. Kolom AGAMA . Diiskan ( Islam )
Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar

9. Kolom NAMA AYAH. Disikan nama wali, nama Ayah, jika tidak ada Nama Ibu Kandung
10. Kolom KEBUTUHAN KHUSUS. Diisikan Angka nol ( 0 ) jika tidak mempunyai kebutuhan khusus, jika ada isikan sesuai pada juknis revisi. INGAT isi tanpa tanda petik.
11. Kolom ID LEMBAGA. Biarkan saja jangan edit atau merubah
Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar

12. Kolom NPSN. isi dengan npsn masing - masing madrasah tidak perlu menggunakan tanda petik
13. Kolom NO. PESERTA UJIAN. Isikan nomor peserta ujian jenjang sebelumnya, Kolom ini wajib di isi jika tidak nanti pada BIOUN error.
14. Kolom NO. SKHUN. Diisi dengan nomor SKHUN jika tidak ada boleh kosong
15. Kolom NO. IJAZAH. Diisi dengan nomor seri Ijazah jenjang sebelumnya, hati - hati dalam penggunaan spasi.
Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar

16. Kolom NIS LOKAL. Diisi dengn NIS lokal masing - masing Madrasah, kolom ini terisi otomatis namun jika ada kesalahan silahkan diperbaiki. Penulisan diawali tanda petik satu ( ' ) petik yang digunakan petik sebelah tombol ENTER.
17. Kolom KELAS. Diisi dengan kelas akhir berupa angka saja tanpa tambahan apapun.
18. Kolom KODE KURIKULUM, Diisi dengan jenis kurikulum pada masing - masing madrasah, pengisiannya berupa kode ANGKA buka huruf. Kode 1 : KTSP 2006, Kode 2 : Kurikulum 2013
19. Kolom NAMA KURIKULUM, Diisi jenis kurikulum sesuai keterangan kode kurikulum
20. Kolom KODE ROMBEL. Diisi kode rombel yang didapat dari hasil unduh template kelas pada Aplikasi E-MANJA. tiap madrasah berbeda kode silahkan unduh template kelas.
21. Kolom ROMBEL. Diisi kode rombel berupa angka yang diawal dengan tanda petik satu ( ' ) jika dibawah angka 10. Hati - hati dalam pengisian kolom rombel jangan sampe salah tanda petik dan selalu perhatikan spasi jangan sampai sapasi.
Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar

22. Kolom KODE JURUSAN. diisi 0=belum, 1=IPA, 2=IPS, 3=Bahasa, 4=Agama
23. Kolom JURUSAN. Diisi IPS = S, Bahsa = B, IPA=A, Agama=G. ( isi 0 jika tidak ada jurusan )
24. Kolom KODE BAHASA. Diisi 1=Bahasa Arab, 2=Bahasa Mandarin, 3=Bahasa Jepang, 4=Bahasa Perancis , 5=Bahasa Jerman , 6=Bahasa Lainnya. ( isi 0 jika tidak ada Kode bahasa )
25. Kolom BAHASA. diisi Bahasa Arab=1, Bahasa Mandarin=2, Bahasa Jepang=3, Bahasa Perancis=4 , Bahasa Jerman=5 , Bahasa Lainnya =6. ( isi 0 jika tidak ada Bahasa)
26. Kolom NOMOR ABSEN. Diisi dengan nomor absen kelas

CATATAN : Kolom nomor 22 sampai 26 TIDAK perlu menggunakana tanda petik.
Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar


Hingga tampilan utuhnys seperti contoh pada link dibawah ini

Contoh Pengisian Template Aplikasi E-MANJA


INFO PENTING
  • Jangan sampai ada koma dalam pengisian template
  • Jangan ada kelebihan spasi pada penulisan data
  • Jika Copy Paste data selalu gunakan Paste Value
  • Cek hasil Save As CSV dengan notepad, apabila anda cek tanda baca yang digunakan berupa koma ( , ) berarti CSV sudah sejalan dengan Aplikasi.
  • Apabila hasil cek CSV dengan notepad tanda baca berupa titk koma ( ; ) maka anda perlu save as CSV hingga menjadi koma ( , ). Gunakan PC/Laptop lainnya untuk Save As
  • Pastikan sudag setting regional.

Itulah pengalaman kami dalam mengisi template Aplikasi E-MANJA. Setelah mengisi template kemudian kami upload hasil CSV dan alhamudulillah langsung masuk tanpa loading lama.

Ciri - ciri utama jika file anda tidak sejalan dengan Aplikasi E-MANJA adalah ketika upload pada hanya akan tampil Loading dan background wartna putih saja, jika anda tunggu proses tersebut tidak akan selesai. Solusinya tutup dan perbaiki Template excelnya lagi.

Jika kesulita silahkan bertanya kepada kami, kami juga bersedia membantu mengecek dan menyimpan ke CSV jika anda berkenan tentunya GRATIS. kirim pertanyaan melalui kolom komentar yang telah kami sediakan dibawah artikel.

Demikian pembahasan tentang Cara Mengisi Template Aplikasi Manajemen UN (E-MANJA) Dengan Mudah & Benar. Semoga informasi ini dapat membantu permsalahan anda dalam mengerjakan Aplikasi E-MANJA. Terima Kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact