logo

Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK !

Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK !
SHARE

12 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK ! - Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) merupakan wujud perkembangan teknologi dari Ujian Nasional yang dulunya menggunakan kertas dan pensil. Sistem kertas pensil tersebut diganti dengan menggunakan sentuhan Teknologi Modern yaitu Sistem CAT sehingga Ujian Nasional kini menjadi UNBK.
Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK !

Tentunya UNBK tidak lepas dari perangkat - perangkat elektronik penunjang suksesnya UNBK seperti Komputer/Laptop, Komponen jaringan Internet dan Perangkat lainya. Seperti yang kita ketahui umumnya perangkat elektronik jika jarang dipakai mudah mengalami kerusakan karena suhu udara yang lembap dan debu - debu dapat mejadi faktor penyebab kerusakan.

Apalagi jika suatu sekolah mempunyai perangkat UNBK banyak dan pengelolaan lab komputer kurang baik pasti banyak komputer/laptop nganggur dan jarang dipakai. Apabila didiamkan selama 1 tahun semenjak UNBK tahun lalu hingga UNBK tahun ini kemungkinan ada beberapa perangkat yang tidak bekerja normal bahkan rusak. Bisa juga perangkat rusak karena dimakan usia.

Sedangkan pelaksanaan UNBK harus benar - benar lancar tidak ada kendala teknis. Karena Ujian Nasional merupakan hal yang sangat krusial dan juga tes terakahir dalam meyelesaikan jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMAK dan MA. Maka kondisi perangkat UNBK dipastikan dalam kondisi prima.

Agar mencegah terjadinya suatu masalah ketika pelaksanaan UNBK maka proktor dan teknisi Wajib mengecek seluruh perangkat UNBK dari mulai hal terkecil hingga besar. Sehingga dapat terdeteksi kondisi mana perangkat yang normal dan mana yang bermasalah. Jika ditemukan masalah segara perbaiki atau membeli perangkat baru.

12 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK 


Kali ini emissimpatikazone merangkum 12 Perangkat komputer berserta periperalnya yang wajib anda cek sebelum pelaksanaan Simulasi UNBK ataupun UNBK utama. Agar proses pelaksanaan UNBK komputer dalam kondisi prima.

Berikut ini 12 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK :

  1. Server Utama, pastikan server utama dalam keadaan Fit (akan lebih baik jika Fresh Instal).
  2. Server Cadangan, pastikan server cadangan tersedia dan dalam keadaan Fit (akan lebih baik jika Fresh Instal).
  3. Jaringan Client Menggunakan LAN (Bukan WIFI), pastikan jaringan client dalam keadaan baik dan semua koneksi dari client ke server atau sebaliknya lancar
  4. Koneksi Internet, pastikan koneksi internet lancar dan baik saat singkronisasi maupun saat pelaksanaan, siapkan juga cadangan koneksi (modem external) jika sewaktu - waktu ada gangguan.
  5. VHD Fresh, pastikan VHD yangg akan digunakan adalah VHD Fresh (akan lebih baik jika dr extrak asli).
  6. HardDisk External, persiapkan External HardDisk untuk Copy VHD Singkron dan VHD Harian.
  7. FlashDisk, persiapkan Flashdisk untuk menampung Folder Dump dari fitur Transfer Respons.
  8. UPS, pastikan UPS bisa bertahan minimal 15 menit, agar bisa dilakukan reset login dan mematikan Virtual sesuai prosedur sehingga waktu pengerjaan siswa bs berhenti dan VHD tidak rusak.
  9. Genset, pastikan genset tersedia khusus wilayah yang rawan pemadaman listrik, (jika mampu)
  10. Pengaturan Server dan Pengaturan Sesi diweb UNBK, pastikan jumlah server utama dan server cadangan sdh sesuai dan pengaturan sesi juga direncanakan jangan sampai ada siswa yg salah sesi atau tertinggal.
  11. Literasi Proktor/Teknisi pastikan proktor/teknisi melakukan literasi terhadap buku manual UNK, troubleshooting UNBK dan referensi pelaksanaan UNBK
  12. Kesehatan Proktor dan Teknisi, perhatikan kesehatan masing - masing agar saat pelaksanaan bisa maksimal menjalankan Tugas Negara.


Catatan :

Selalu komunikasikan dg HD Kabupaten jika ada kendala apapun, jangan langsung ke HD Prov maupun Proteknas karena nantinya akan mempersulit diri sendiri (HD Prov dan Proteknas hanya akan menerima laporan dan penjelasan dr HD Kab.)



Pengaduan masalah dilakukan melalui TIKET BANTUAN pada akun web UNBK.


Nah itulah 12 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK.  Selain itu emissimpatikazone beberapa tips agar komputer/ laptop dan berbagai perangkat UNBK tidak mudah rusak.

Tips Agar Komputer / Laptop dan Perangkat UNBK Lainnya Tidak Mudah Rusak


Berikut ini tips agar komputer / laptop dan perangkat UNBK lainnya tidak mudah rusak :
Tips Agar Komputer / Laptop dan Perangkat UNBK Lainnya Tidak Mudah Rusak

  1. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala
  2. Pakailah UPS/Stabilizer.
  3. Jangan meletakkan Speaker Active terlalu dekat dengan monitor
  4. Ventilasi yang cukup
  5. Pendingin Ruangan yang cukup agar perangkat tidak overheat
  6. Defrag harddisk anda secara berkala.
  7. Pasang kabel ground
  8. Tutup/close program yang tidak perlukan
  9. Install program antivirus dan updatelah secara berkala
  10. Uninstall atau buang program yang tidak anda gunakan
  11. Bersihkan Recycle Bin atau file-file sampah secara rutin

Itulah Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK dan tips merawat komputer beserta perangka UNBK lainnya agr tidak mudah rusak. Pastinya menjaga dan merawat perangkat UNBK sangatlah penting karena jika banyak perangkat rusak maka akan mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya. 

Jika banyak laptop nganggur manfaatkan untuk melatih kemampuan siswa melalui program les komputer atau ajak siswa mengasah keterampilan tentang desai melalui Corel Drawa atau Editing Photoshop. Bisa juga anda mengajarkan Enterpreneurship kepada siswa karena hal ini dapat mengarahkan siswa kedalam hal yang positif.

Demikianlah pembahasan tentang Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK dan beberapa tips merawat komputer. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. jangan lupa share agar anda mendapatkan manfaat juga karena telah menyebar infomasi bermanfaat. Terima Kasih


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact