logo

Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD untuk Guru dan Operator

Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD untuk Guru dan Operator

Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD Madrasah untuk Guru dan Operator - Dengan diberlakukannya Aplikasi Raport Digital ARD pada Madrasah baik bagi guru dan operator madrasah. Sehubungan dengan jhal tersebut Dirjen Pendis Kemenag telah resmi merilis panduan pengerjaan ARD madrasah. Panduan pengerjaan Aplikasi Raport Digital disusun menjadi dua jenis yaitu panduan untuk Guru dan panduan untuk Operator untuk masing - masingn madrasah jenjang RA, MI, MTs, dan MA.
Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD untuk Guru dan Operator

Dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018 menyebutkan bahwa Aplikasi Raport Digital ARD Madrasah akan diberlakukan bagi madrasah negeri dan swasta di seluruh Indonesia, yang dimulai dari semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Aplikasi Raport Digital ARD merupakan wujud implementasi dari Juknis Penilaian Hasil Belajar yang beberapa minggu lalu telah kami bahas. Juknis Penilaian Hasil Belajar ini terdiri dari  3 jenis juknis sesuai jenjangnya yaitu :

  • MI (SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018), 
  • MTs (SK Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018),
  • MA (SK Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018).

Bapak ibu guru dan operator pada pembahasan kali ini kami akan membagikan kembali Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD untuk Guru dan Operator sesuai masing - masing jenjang. Sebenarnyaa pada beberapa minggu yang lalu telah kami bagikan Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD Madrasah. Namun tidak ada salahnya jika kami membagika ulang agar yang belum mengetahui informasi ARD madrasah juga ikut mengetahuinya.

Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD untuk Guru dan Operator


Perlu anda ketahui bahwa Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD Madrasah terdapat panduan baru yaitu panduan untuk Guru dan Operator. Karen sebelumnya panduan untuk operator dan guru belum resmi rilis. Rilisnya Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD untuk guru dan operator telah resmi bersamaan keluarnya Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018.


Jenis Akun Pengguna Aplikasi Raport Digital ARD Sesuai Jenjang


Aplikasi Raport Digital ARD terbagi menjadi dua jenis akun yaitu Akun Operator Madrasah dan Akun Guru. Keduan akin tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda - beda. 

Akun Operator Madrasah :
  • Konfigurasi Data Madrasah
  • Mengisi Data Mata Pelajaran
  • Mnengisi Data Guru dan Siswa
  • Membuat Akun Guru
  • Mengisi Data Ekstrakurikuler
  • Mengisi Muatan Lokal

Akun Guru :
  • Pengaturan KKM
  • Pengaturan Mata Pelajaran
  • Input Nilai Harian hingga Nilai Akhir Persiswa dan Per Rombel
Khusus bagi guru yang menjabat sebagai wali kelas ditambah dengan tugas
  • Melakukan penilaian sikap
  • Menginput data prestasi siswa
  • Menginput data absensi siswa
  • Mencetak raport

Download Panduan Penggunaan ARD Madrasah


Perlu anda perhatikan bahwa sebelum mengerjakan Aplikasi Raport Digital ARD Madrasah sebaiknya membaca panduan ARD Madrasah yang dapat anda unduh melalui link yang telah kami sediakan dibawah ini. Link unduh sudah kami beda - bedakan sesuai jenisnya silahkan unduh panduan yang sedang anda butuhkan. Berikut link Downloadnya :

Kami juga menambahkan file pelengkap untuk keperluan upload data Siswa dan Data Guru

Dengan diberlakukannya Aplikasi Raport Digital ARD Madrasah diharapkan mampu meningkatkan kinerja menjadi lebih berkualitas. Agar bisa menjadi berkualitas maka diperlukan adanya kekompakan antara operator dan guru. Serta masing - masing pihak saling memahami tugas, tanggung jawab, prosedur, dan tata cara dalam mengerjakan Aplikasi Rapor Digital Madrasah. Sehingga akan tercipta data yang kredibel dan akuntabel.

Demikianlah pembahasan tentang Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD untuk Guru dan Operator. Semoga informasi ini menjadi bermanfaat bagi siapa saja yang sedang membutuhkan. Agar anda mendapatkan manfaatnya jangan lupa shrae artikel ini. Terima Kasih.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact