logo

Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika

Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika
SHARE

Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Akun Simpatika - Setelah info resmi disahkannya Tunjangan Insentif GBPNS melalui SK Dirjen Pendis Nomor 484 Tahun 2018 tentang Juknis Pemberian Tunjangan Insentif Bagi Guru Bukan Pegawai Negeri (Non PNS) Pada Madrasah Tahun 2018. Kini telah hadir fitur pada simpatika untuk menindak lanjuti dari program Tunjangan Insentif Guru GBPNS.

Fitur terbaru yang telah rilis pada akun simpatika yaitu Fitur Ajuan Tunjangan Insentif GBPNS (S39a). Fitur tersebut telah resmi muncul pada masing - masing akun PTK pada simpatika. Bagi yang belum memenuhi kriteria Ajuan Tunjangan Insentif GBPNS (S39a) akan muncul pada akun PTK Simpatika. Hanya Guru Madrasah yang memenuhi kriteria yang dapat mengajukan Tunjangan Insentif Guru.

Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika


Fungsi dan Kriteria Guru Penerima Tunjangan Insentif Guru


Fitur Ajuan Tunjangan Insentif GBPNS (S39a) memiliki fungsi untuk pengajuan sebagai penerima Tunjangan Insentif Guru Madrasah. Adapaun kriteria Guru Madrasah yang dapat mengajukan tunjangan Insentif Guru GBPNS adalah sebagai berikut :

  1. Guru bukan PNS/guru non PNS yang masih aktif mengajar di RA, MI, MTs atau MA/MAK dan terdaftar di program SIMPATIKA (Sistem Informasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama); 
  2. Belum lulus Sertifikasi Guru. 
  3. Memiliki Nomor PTK Kementerian Agama (NPK) dan/atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); 
  4. Aktif selama 2 tahun berturut-turut sebagai guru mengajar pada satuan administrasi pangkal binaan Kementerian Agama; 
  5. Memenuhi Kualifikasi Akademik S-1 atau D-IV;
  6. Bertugas pada madrasah yang memiliki izin operasional penyelenggaraan pendidikan dari Kementerian Agama ;
  7. Bukan penerima bantuan sejenis yang dananya bersumber dari DIPA Kementerian Agama.
  8. Belum memasuki usia pensiun. 
  9. Tidak terikat sebagai tenaga tetap pada instansi selain Madrasah Kementerian Agama. 
  10. Tidak merangkap jabatan di lembaga eksekutif, yudikatif, atau legislatif. 

Baca Juga :

Silahkan cek masing - masing kriteria tersebut apakah anda memuhi atau tidak. Kemudian silahkan cek pada akun simpatika masing - masing. Selanjutnya perhatikan langkah - langkah bagaimana Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika yang akan kami bahas secara detail.

Panduan Mudah Cara Isi Data Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika


Bagi PTK yang memenuhi syarat, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk dapat mengajukan tunjangan insentif GBPNS melalui akun Simpatika masing-masing :
Sebelumnya Siapkan Data Berikut :
  • Nama Bank
  • Nomor Rekening Bank
  • Scan Buku Rekening Tabungan (File berupa Jpeg Ukuran MIN : 200 Kb - MAK : 1 Mb)
  • Cabang Bank
  • Nama Pemiliki Rekening Bank

CATATAN PENTING :

Fitur Ajuan Tunjangan Insentif GBPNS (S39a) yang mewajibkan mengisi dan mengupload Rekening Bank, sebaiknya anda melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke Pendma/Kemenag Kab/Kota masing - masing mengenai rekening bank mana yg digunakan, agar tidak terjadi kesalahan penginputan. Sebab masing - masing daerah beda kebijakan.

Intinya sebelum melakukan/cetak Ajuan sebaiknya koordinasikan/konfirmasi dulu ke Kemenag Kab/Kotanya masing - masing, karena ini juga menyangkut kesiapan Anggaran, dan lain - lain.


Setelah data siap lanjut ke tahap eksekusi dibawah ini :


1.  Login sebagai PTK pada layanan https://simpatika.kemenag.go.id/
Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika 1

2.  Pada tampilan laman akun layanan, pilih layanan SIMPATIKA PTK.
Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika 2

3.  Selanjutnya pada beranda PTK, akses fitur Tunjangan Insentif GBPNS
Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika 3

4.  Pada tampilan laman Ajuan Tunjangan Insentif Guru Bukan PNS, klik tombol AJUKAN.
Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika 4

5.  Pada tampilan kotak dialog, Wajib melengkapi formulir isian data rekening bank yang telah disediakan. Jika telah sesuai dengan data anda silahkan klik SIMPAN.
Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika 5

6.  Klik tombol Cetak Surat Ajuan pada tanpilan kotak dialog konfirmasi yang muncul.
Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika 6

7.  Data Ajuan Tunjangan Insentif GBPNS Anda sudah tersimpan, Selanjutnya Silahkan Cetak Surat Ajuan tersebut kemudian serahkan Surat Ajuan beserta lampiran dokumen pendukung kepada Kantor Kemenag Kota/Kab setempat untuk diverifikasi. Berikut contoh hasil cetak surat ajuan tersebut.
Contoh S39a

8.  Anda memeriksa kembali data ajuan Anda, Caranya silahkan klik tombol Periksa Ajuan. 
Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika 8

9. Silakan tunggu persetujuan atau proses verifikasi dari admin Kemenag Kota/Kab setempat. Berikut ini adalah contoh status ajuan PTK yang telah sukses diverifikasi admin Kemenag Kota/Kab setempat.
Tunjangan Insentif Disetujui

10. Selesai. Cek sekala berkala proses ajuan Intensif Guru.


Baca Juga :

Dengan adanya Tunjangan Insentif Guru wajib kita syukuri karena berapapun nominalnya, itu adalah rejeki anda. Semoga dapat menjadi rejeki barokah dunia dan akhirat. 

Dimohon bagi guru madrasah yang telah memenuhi kriteria Penerima Tunjangan Insentif Guru untuk segera menyelesaikan Ajuan pada masing - masing akun simpaatika. Jangan samapai melwati batas ajuan yang telah ditetapkan oleh Kemenag karena imbasnya akan anda rasakan sendiri. Tetapi jika anda tidak membuthkan juga tidak apa - apa 😃😃😃.

Demikianlah info tutorial Cara Mudah Mengajukan Tunjangan Insentif GBPNS Pada Simpatika. Semoga tutorial yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi anda dan semuanya. Jangan lupa share artikel ini agar anda juga menerima manfaatnya. Terima Kasih

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact