logo

Apa Itu Komputer Server UNBK ?

Apa Itu Komputer Server UNBK ?
SHARE

Apa Itu Komputer Server UNBK ? -  Ujian Nasional yang dulunya menggunakan kertas dan pensil dalam mengerjakannya kini sudah tergantikan dengan teknologi digital. Semua soal dan jawaban tersedia dalam layar monitor sehingga peserta ujian hanya klik n klik saja.
Apa Itu Komputer Server UNBK ?

Ujian atau tes yang menggunakan memanfaatkan teknologi sebagai media ujian atau tes sering kita kenali dengan istilah CBT ( Computer Based Test ). Dan teknologi tersebut dimanfaatkan pula pada sistem Ujian Nasional yang kemudian dinamakan menjadi UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer ). Hal ini disebabkan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat sehingga menjadikan era ini menjadi era digital.

Berikut ini daftar isi tentang apa itu komputer server UNBK.


UNBK sendiri di Indonesia kalau tidak salah telah diberlakukan pemerintah sejak sekitar 2 - 3 tahun lalu yang pesertanya masih sedikit dan didominasi oleh SMK. Karena pada awal pelaksanaan UNBK membutuhkan biaya yang tidak sedikit mengingat harus tersedianya sarana komputer server dan client.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu komputer server dalam UNBK. Selain itu juga akan kami ungkap seluk beluk tentang komputer server UNBK.


A. Pengertian Tes Terkomputerisasi


Tes Terkomputerisasi atau Computerized Based Test (CBT) adalah tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes dimungkinka mendapatkan paket soal yang berbeda.


B. Apa Itu Komputer Server UNBK ?


Komputer server UNBK adalah seperangkat komputer tertentu yang digunakan sebagai pusat pengendali data pelaksanaan UNBK. Komputer server ini dirancang khusus untuk menyediakan layanan yang bisa diakses oleh peserta ujian. Sehingga komputer server ini harus memiliki spesifikasi yang tinggi agar dalam menyediakan data ujian nasional berjalan lancar.

Jadi Komputer server yang digunakan sebagai UNBK harus memenuhi syarat minimal yang telah ditentukan oleh puspendik. 


C. Standar Minimal Komputer Server UNBK


Spesifikasi hardware minimal server lokal yang harus disediakan untuk UNBK adalah sebagai berikut:

- PC/Tower/Desktop (bukan laptop).
- Processor dengan 4 core dan frekuensi clock 1.6 GHz 64 Bit.
- RAM 8 GB (Dengan VM RAM 4 GB).
- Harddisk 250 GB.
- Browser: Chrome, diperlukan untuk Exambrowser Admin.
- Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows
 7/Linux Ubuntu 14.04.
- LAN CARD dua unit (satu ke jaringan internet dan satu ke Jaringan lokal).
- UPS (tahan 15 menit).
- Spesifikasi diatas untuk rasio 1 : 40 (1 server maksimal untuk 4o
   client). Memperbesar jumlah rasio maka harus menambah jumlah core dan RAM.
Contok Komputer Server UNBK

Jika anda mempunyai sistem seseperti diatas itu artinya komputer anda bisa digunakan sebagai Server UNBK Ingat yang digunakan hanya komputer dan dilarang menggukan laptop.


D. Berapa Alokasi Setiap Satu Komputer UNBK ?


Dengan spesifikasi standar seperti diatas server bisa menampung maksimal 40 peserta/client tidak boleh lebih bahkan dianjurkan dari 40 tersebut hanya diisi 35 sedangkan sisanya 5 digunakan untuk cadangan.

Sehingga setiap sekolah/madrasah bisa jadi membutuhkan lebih dari satu komputer server belum juga komputer server cadangan. Aapalgi jika sekolah/madrasah memiliki jumlah siswa banyak maka dapat dipastikan harus memiliki 4 atau lebih komputer server UNBK.


E. Berapa Harga Komputer Server UNBK dengan Spesifikasi Standar Minimal ?


Jika kita membicarakan mengenai harga satu unit Komputer server dengan spesifikasi minimal maka dalam pikiran kita pasti harganya mahal. Ya benar sekali harga satu unit komputer server dengan spesifikasi standar UNBK harganya kisaran Rp. 7.000.000 hingaa Rp. 10.000.00. 

Ada juga komputer yang dirancang khusus sebagai server, komputer ini memilki spesifikasi yang gahar umumnya komputer server ini menggunakan prosesor bukan lagi core i5 atau core i7 melainkan prosesor Xeon yaitu prosesor yang memang khusus dirancang untuk kebutuhan server. 

Pada tahun kemarin kami membeli satu unit komputer server Xeon generasi baru merek Asus harganya sekitar Rp. 12.000.000. tergolong mahal namun keuntungan yang didapat dari komputer khusus server ini adalah mampu menampung client lebih dari 80 client/peserta bisa jadi mampu menampung 100 client/peserta. Jadi dua kali lipat bahkan bisa lebih dari sepesifikasi standar minimal.

Sekarang tinggal kemampuan sekolah anda untuk membeli komputer dengan spesifikasi standar atau komputer yang khusus untuk server. Mengingat pada tahun  2018/2019 ini nampaknya tidak ada ujian kertas pensil.


F. Apakah Komputer Server Cadangan Wajib Ada ?


Sangat wajib kami tegaskan lagi sangat wajib karena sesuatu yang tidak terduga dapat kita alami. Pengalaman pada tahun kemarin pada salah satu sekolah tetangga kami mengalami hal buruk yaitu komputer server utama tiba - tiba mati dan ketika dihidupkan lagi Aplikasi CBT gagal dijalankan. Sehingga keaadan ini bisa teratasi karena sebelumnya sudah menyiapkan komputer server cadangan.

Meskipun keberadaan komputer server cadangan unbk ini sangat jarang digunakan namun juga sangat penting karena untuk waspada dengan hal yang tidak kita inginkan.

Saran dari kami gunakan server cadangan yang spesifikasinya dibawah komputer server unbk utama. atau akan lebih baik lagi jika komputer server cadangan spesifikasinya sama dengan server unbk utama.

Ada Pertanyaan Seputar Komputer Server UNBK ?


Bagi yang ingin bertanya lebih dalam lagi mengenai Komputer Server UNBK silahkan bertanya melalui kolom komentar atau bisa juga melalui halaman contact. Silahkan ajukan pertanyaan apapun tentang UNBK jika kami tidak sibuka kami akan menjawaba pertanyaan anda.

Baiklh demikian pembahasan tentang ":Apa Itu Komputer Server UNBK ?". semoga informasi ini dapat menginspirasi anda sehingga menghasilkan manfaat baik kepada sekolah anda. Jangan lupa share artikel ini agar anda juga mendapatkan manfaat dari berbagi kebaikan. Sekian dari kami, Terima Kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact