logo

Thursday, September 6, 2018

Rencana 100 Ribu Kuota CPNS Ditujukan Untuk Guru Honorer dan Umum

Rencana 100 Ribu Kuota CPNS Ditujukan Untuk Guru Honorer dan Umum

Rencana 100 Ribu Kuota CPNS Ditujukan Untuk Guru Honorer dan Umum -  Berita tentang pendaftaran CPNS sempat beredar bebera hari yang lalu. Hal ini menjadikan Guru Honorer berbondong - bondong mempersiapkan berkas CPNS, namun ketika mengakses web resmi Pendaftaran CPNS web tersebut masih belum bisa diakses.


Mengapa berita tentang CPNS selalu menjadi hal yang ditunggu dan menjadi viral dikalangan Guru ? Karena memang CPNS merupakan langkah untuk mendapatkan status sebagai ASN dan mendapat tunjangan dari Negara. Tentu hal ini sangat ditunggu karena kesempatan diterimanaya menjadi PNS sangatlah sulit dan banyak diingikan Guru Honorer.

Dikutip dari web resmi kemdikbud.go.id bahwa
Rencana 100 Ribu Kuota CPNS Ditujukan Untuk Guru Honorer dan Umum

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyatakan sudah mendapatkan sinyal persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) terkait usulan kuota pengangkatan 100 ribu CPNS guru. Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guru sepenuhnya menjadi kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Alhamdulillah, kita usulkan 100 ribu guru PNS baru dan sudah kita bicarakan dengan bapak Wakil Presiden. Insya Allah juga disetujui Menpan RB untuk tahun ini sebanyak 100 ribu CPNS seperti sudah disampaikan sebelumnya,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy, di Jakarta, Kamis (30/8/2018). 

Mendikbud kembali menegaskan bahwa penentuan proporsi CPNS guru yang diangkat baik dari honorer maupun kategori CPNS guru jalur umum, bukanlah kewenangannya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hanya akan menyampaikan kriteria-kriterianya sesuai kebutuhan. 

“Jadi 100 ribu itu tidak musti dari honorer semua ya, walaupun honorer tetap akan diprioritaskan untuk mengikuti seleksi,” terang Mendikbud sekaligus meluruskan isu yang beredar tentang pengangkatan khusus guru honorer. 

Lebih lanjut, disampaikan Mendikbud (Muhadjir Effendy) bahwa saat ini paling tidak dibutuhkan 736 ribu guru PNS baru. Kebutuhan tersebut untuk mengganti guru-guru yang pensiun, maupun penempatan di sekolah-sekolah baru, dan sekolah-sekolah di daerah khusus. 

“Penambahannya dilakukan bertahap setiap tahun mulai tahun ini dengan jumlah kuota yang signifikan setelah beberapa tahun ditetapkan moratorium pengangkatan guru PNS,” kata Muhadjir Effendy yang juga sebagai guru besar Universitas Negeri Malang ini. (sumber: kemdikbud.go.id) 

Semoga rencana tersebut dapat terealisasikan pada tahun 2018/2019 agar kesejahteraan Guru sepdan dengan apa yang dlakukannya sebagai pencetak generasi bangsa.

Demikianlah info tentang Rencana 100 Ribu Kuota CPNS Ditujukan Untuk Guru Honorer dan Umum. Semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact