logo

Tugas Rutin yang Wajib Dikerjakan Pada Akun Simpatika

Tugas Rutin yang Wajib Dikerjakan Pada Akun Simpatika
SHARE

Tugas Rutin yang Wajib Dikerjakan Pada Akun Simpatika -  Akun simpatika merupakan bagian penting dari seorang PTK. Karena Simpatika menjadi sistem aplikasi pendataan PTK di lingkungan Kementerian Agama bidang pendidikan. Maka wajib bagi setiap PTK memiliki dan terdaftar di aplikasi simpatika.
Tugas Rutin yang Wajib Dikerjakan Pada Akun Simpatika


Membahas tentang simpatika tentu tidak lepas dari yang namanya pendataan. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa akun simpatika adalah sebagai sistem pendataan PTK. Dapat dipastikan bahwa suatu sistem aplikasi tahun demi tahun terus mengalami perkembangan untuk menuju aplikasi yang update dan semakin sempurna.

Hal - hal detail pada aplikasi yang dikembangkan oleh tim simpatika mengharuskan kita megikuti perkembangan tersebut. Salah satunya adalah pengembangan penyederhanaan proses pemberkasan TPG madrasah melalui akun simpatika. Semula pengerjaan Simpatika dilakukan pada awal dan akhir semester. 

Tetapi semenjak diberlakukannya Penyederhanaan TPG Madrasah melalui Simpatika. PTK, Kepala Madrasah atau Operator Madrasah harus mengisi absen bulanan yang disebut dengan (S35) di akhir bulan. Selain hal itu ada juga beberapa Hal penting lainnya, masing - masing hal penting akan kami bahas secara detail dibawah ini :

1. Mengisi dan Mencetak Absensi GURU/PTK ( S35 )

Setiap hari tugas Kepala Madrasah atau operator simpatika adalah mengisi absen masing - masing guru sesuai dengan kondisi real pada hari itu juga. Seperti mengisikan seorang guru hadir, tidak hadir, sakit ataukah alpa.

Tetapi hal ini juga bisa dikerjakan pada tiap akhir bulan, karena sistem akan otomatis mengisi kehadiran guru dengan hadir setiap hari. Kepala Madrasah atau operator madrasah hanya tinggal mengisi sesuai rekap kehadiran selama satu bulan pada guru yang tidak hadir pada bulan tersebut.

Selain itu Kepala Madrasah atau Operator Madrasah setiap bulannya harus mencetak absen (S35) yang telah diisi tadi. Hasil cetakan absen (S35) atau hasril rekap absen bulanan akan digunakan sebagai berkas syarat pencairan tunjangan TPG.


PEMBAHARUAN 1 AGUSTUS 2018

Sejak 1 Agustus 2018, secara default isian absensi kehadiran guru di simpatika mengalami perubahan. Awalnya absensi secara otomatis sistem akan mengisi seorang guru hadir, kini semua berubah, abnseni guru tertulis tidak hadir. 
Degan demikian Kepala Madrasah atau Operator Madrasah perlu melakukan pengeditan dalam mengisu absensi guru.

Pengeditan absensi kehadiran dapat dilakukan setiap hari, tepat pada hari itu, ataupun pada hari-hari sesudahnya. Dengan catatan, pengeditan dilakukan sebelum berganti bulan.


2. Mencetak Form SKAKPT (S36c) atau (S36d)

Mencetak formulir SKAKPT S36c atau S36d juga wajib dilakukan pada akhir bulan. (S36c) untuk Guru PNS sedangkan (S36d) untuk Guru Non PNS. Dari kedua formulir tersebut sangat penting bagi guru peneriam TPG. Karena Kedunaya merupakajn SKAKPT  yaitu Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan. 

Formulir SKAKPT S36c atau S36d dapat dicetak pada awal bulan untuk formulir SKAKPT pada bulan sebelumnya. Semisal akan mencetak bulan Januari maka SKAKPT ini dapat dicetak pada awal bulan Februari setalah tanggal 1. 

Bagi yang sudah pernah cetak namun berkas rusak atau hilang tidak perlu kahwatir karena formulir SKAKPT dapat dicetak berulangkali. Namun sebelum mencetak harus memperhatikan syarat - syarat dalam mencetak SKAKPT.

Nah itulah Tugas Rutin yang Wajib Dikerjakan Pada Akun Simpatika. Baiklah kini anda sudah mengetahui info terupdate dari emissimpatikzone. Baik Kepala Madrasah , Operator Madrasah dan Guru harus proaktif dalam menyelesaikan hal ini. Keran bersangkutan dengan TPG anda.

Baik itu dilakukan harian atau bulanan yang terpenting adalah kedua hal diatas dikerjakan dan diselesaikan jika tidak ingin terkena resiko. Maka dari itu kesadaran seorang Guru untuk aktif dan saling support antara Kepala Madrasah atau Operator Madrasah.

Baiklah semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat bolehlah kerendahan hati untuk klik tombol share ke sosial media untuk berbagi info kebaikan. Terima kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact