logo

Panduan Cara Pengisian SKAKPT

Panduan Cara Pengisian SKAKPT

Panduan Cara Pengisian SKAKPT - Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018 sudah hampir memasuki masa pertengahan. Namun akun simpatika belum menunjukkan finalisasi aplikasi, hal ini ditandai dengan munculnya fitur baru dari aplikasi Simpatika. Padahal seharusnya pada waktu ini sudah memasuki tahap verval simpatika.

Fitur terbaru simpatika yaitu Menu SKAKPT. SKAKPT adalah Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan. Dengan adanya menu baru maka bagi Guru yang berstatus sebagai penerima tunjangan wajib melakukan pengisian SKAKPT.

Panduan Cara Pengisian SKAKPT

Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan atau SKAKPT merupakan wujud pengimplementasian dari SK Dirjen Pendis Kemenag Nomor 7214 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi Guru 2018. Salah satunya ialah wujud dari penyederhanaan proses pemberkasan tunjangan.

Wajibkah Melakukan Pengisian SKAKPT ?


SKAKPT merupakan bagian dari program Kementerian Agama di bidang pendidikan. Dan saling keterkaitan dengan verifikasi dan validasi kelayakan penerimaan tunjangan berbasis SKMT dan SKBK dari satuan kerja secara digital melalui aplikasi Simpatika.

Sehingga melakukan pengisian SKAKPT adalah WAJIB bagi guru yang menerima tunjangan sertifikasi dan sudah melakukan Verval NRG yang analisanya dinyatakan layak menerima tunjangan untuk syarat pencairan TPG.

untuk itu kami akan berbagi ilmu dan panduan tentang bagaimana Cara Pengisian SKAKPT yang baik dan benar. Sebelum lanjut ke tutorial pengisian anda perlu menyiapakan berkas -berkas data yang disiapkan berikut.

1. Data yang dipersiapkan


Berikut ini merupakan urutan berkas yang perlu anda siapkan sebelum melakukan pengisian Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan atau SKAKPT adalah :

  1. Nomor wajib pajak (NPWP)
  2. Nomor buku rekening bank pencairan TPG
  3. Nama bank
  4. Kantor cabang bank
  5. Nama pemilik rekening bank
  6. File hasil scan kartu NPWP*
  7. File hasil scan buku rekening bank*
  8. Masa kerja golongan (khusus bagi PNS)
  9. File scan SK Golongan (khusus bagi PNS)

Ket : * File Scan dapat berbentuk file PNG, GIF, JPG dan JPEG yang berukuruan minimal 100 Kb maksima 1 MB dengan resolusi 96 dpi.

Setelah berkas data diatas terpenuhi maka selanjutnya anda bisa melanjutkan ke proses pengisiannya. Silahkan  baca dengan teliti agar tidak ada langkah yang terlewatkan.

2. Panduan Cara Pengisian SKAKPT



Perlu diketahui bahwa pengisian simpatika dilakukan melalui akun simpatika masing - masing tidak dilakukan secara kolektif atau di akun kepala. 

  1. Akses halaman simpatika di simpatika.kemenag.go.id
  2. Login menggunakan akun masing-masing
    Panduan Cara Pengisian SKAKPT
  3. Pilih layanan Simpatika PTK
    Panduan Cara Pengisian SKAKPT
  4. Pada dasbor PTK, pilih menu SKAKPT (menu ini hanya muncul pada akun yang memiliki sertfikat pendidik)
    Panduan Cara Pengisian SKAKPT
  5. Klik ikon/simbol pensil untuk mengedit dan mengisi
    Panduan Cara Pengisian SKAKPT
  6. Khusus bagi PNS akan dimunculkan data golongan, nomor SK Golongan dan TMT golongan. Isikan Masa Kerja Golongan (MKG) dan upload file scan SK Golongan tersebut. Jika data golongan yang ditampilkan tidak sesuai dengan kondisi saat ini, silakan lakukan perubahan data rinci pada menu portofolio ⇒ profil lalu permanenkan dengan mencetak dan mengajukan S12 (Ajuan Perubahan Data) ke admin Simpatika Kab/Kota.
    Panduan Cara Pengisian SKAKPT
  7. Isikan data terkait dengan perpajakan yang meliputi pengisian nomor wajib pajak dan unggah file scan NPWP
  8. Isikan data terkait dengan perbankan yang meliputi nomor rekening, nama pada buku rekening, nama bank, nama cabang bank, dan unggah file scan buku tabungan.
  9. Jika sudah, klik tombol Simpan Perubahan
    Panduan Cara Pengisian SKAKPT
  10. Muncul pesan Perubahan Data, klik Jadikan Permanen untuk mencetak ajuan atau Batalkan Seluruh Perubahan Data jika ada data yang keliru
* Pada tahap kesepuluh masih belum di cetak menu untuk cetak belum diaktifkan, Tunggu hingga pemberitahuan  aktif

3. Proses Ajuan SKAKPT


Hasil cetak SKAKPT yang sudah anda cetak berupa hardfile, Silahkan anda bawa ke Admin Kabupaten/Kota untuk dijadikan permanen. jika belum bisa mencetak maka selesaikan dulu pengisiannya. Agar nanti jika ada pepmberitahuan aktif anda tinggal mencetaknya.

Baiklah bapak ibu sekalian itulah tutorial, langkah, prosedur Pengisian Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan atau SKAKPT. Semoga sedikit ilmu yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan jangan lupa sisihkan uang tunjangan untuk operator emis dan simpatika apabila anda melibatkannya.

Baiklah cukup sekian pembahasan tentang Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan atau SKAKPT. Apabila terdapat salah kata dalam penyampaian kami mohon maaf, akhir kata kami ucapkan terima kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact