logo

Sunday, December 3, 2017

INFO EMIS - Ayo Selesaikan Emis CAPESUN Sesuai Hasil RAKOR EMIS 2018

INFO EMIS - Ayo Selesaikan Emis CAPESUN Sesuai Hasil RAKOR EMIS 2018

Ayo Segera Selesaikan Pendataan Emis CAPESUN - Apa kabar teman - teman Operator Emis di Seluruh Indonesia ? tentunya semoga semuanya diberikan kesehatan dan kekuatan agar bisa menjalan kan amanat dan tugas sebagai pahlawan data. Sebab cuaca sedang tidak bersahabat terhadap tubuh kita.

Emis Capesun
Emis Capesun

Berbicara soal pendataan emis capesun, pasti yang ada dipikiran kalian adalah data peserta Ujian Nasional harus valid tidak ada kesalahan apapun baik tulisan maupun lainnya. Ya hal ini juga sama dengan apa yang kami rasakan dan yang dirasakan seluruh Operator Emis di Indonesia. Yang terpenting dalah tetap sabar dan tetap mengerjakan apa yang sudah menjadi tugas kita.

INFO EMIS baru - baru ini adalah memvalidasi Peserta Ujian Nasional. Hal ini telah disampaikan dalam Hasil Rakor EMIS di Semarang, 27-29 November 2017. Terdapat beberapa point penting dalam Rakor tersebut. Salah satunya yaitu bahwa pendataan emis dibuka kembali mulai dari 1 - 7 Desember 2017 untuk wilayah Jawa Tengah. Beberapa point penting yang dihasilkan dalam Hasil Rakor EMIS di Semarang, 27-29 November 2017 sebagai berikut :

Hasil Rakor EMIS di Semarang, 27-29 November 2017 

  1. Waktu EMIS ONLINE kita 7 Hari mulai dari tanggal 1-7 Desember 2017
  2. Selesaikan Siswa yang Keluar / Mutasi Keluar agar supaya Madrasah yang dituju sama Siswa     tersebut Datanya bisa Masuk ke Madrasah Sekarang
  3. Updating Kelas Akhir MTs ( Kelas 9), MA ( Kelas 12) yang ada pada Detail Siswanya  terutama yang kaitannya dengan Data yang tertulis didalam IJASAHNYA sekaligus tentukan Siswa Akhir tersebut dimasukan ke Rombel@ Masing-masing
  4. Masukan Siswa yang Masuk / Mutasi Masuk sekaligus ditentukan Rombelnya dengan syarat Data Siswa pada Madrasah Asal sudah bener - benar DIHAPUS/DIHILANGKAN. Pastikan Pilihan Mutasi Masuk sesuai dengan Madrasah Asal siswa,, kalau siswa tersebut dari Madrasah berarti pilih Mutasi Masuk (Madrasah) selain Madrasah pilih Mutasi Masuk (UMUM
  5. Setelah point 1-4 SELESAI dan sdh benar - benar  VALID, silahkan unduh DCP UN dengan file ez yang mana file tersebut akan diupload ke BIO UN. 
  6. Saya ingatkan kembali pastikan file DCP UN atau ez tersebut benar - benar  VALID dan BENAR karena pada BIO UN tidak bisa DIEDIT/DIREVISI. Jika ada kesalahan berarti harus diedit/direvisi di EMIS ONLINE@. Edit » Download ez » Upload  lagi ke BIO UN. 
  7. Ingat Waktu@ tgl 1-7 Desember 2017 gunakan waktunya semaksimal mungkin, persiapkan tenaganya. Yang lebih penting lagi JAGA KESEHATAN
Itulah point - point dari Hasil Rakor EMIS di Semarang, 27-29 November 2017. dengan adanya info ini ayo kita kerjakan Pendataan Calon Peserta Ujian Ini. 

Penjelasan singkat poin - point Hasil Rakor Emis !


Point satu, yaitu emis online 1-7 Desember 2017, waktu yang diberikan sangatlah mepet dan pendek. Itupun masih dibagi lagi yaitu 1-5 Desember 2017 hanya dibolehkan yang MA saja dan untuk MTs diperbolehkan 6 - 10 Desember 2017. Kenapa bisa begitu, karena mewaspadai Error Gateway 504. Jadi dilakukan secara bergantian. Untuk selanjutnya semoga server yang digunakan untuk server emis ini menggunakan cloud server dari Google atau Amazon. Agar lebih cepat dan tidak mudah down.

Point dua, Kita diharuskan menyelesaikan Data siswa yang terkait dengan Mutasi, Baik itu mutasi masuk atau mutasi keluar. Tujuannya agar siswa yang pindah bisa masuk ke data emis online di Madrasah lain. Sudah pindah tetapi siswanya belum dihapus atau belum dimutasi, tolong ini dihindari kalaupun ada diselesaikan secara adat jika terdapat dua data yang sama beda Madrasah. 

Untuk cara memutasi atau mengeluarkan siswa akan kami buat tutorialnya jika sudah tanggal 6 Desember 2017. Karena Saat ini kami tidak berani mengkases. Takut di Blokir seperti pesan yang disampaikan admin kabupaten.

Point Tiga,  Update kelas akhir 9 untuk MTs dan 12 untuk MA. Inilah yang Paling menurut kami saudara - saudara. Karena Detail siswa itu terdiri dari beberapa bioadata yang digunakan sebagai Data yang tertulis di dalam Ijazah. pasti sangat krusial. Pastikan datanya sudah melewati 3 tahapan Verifikasi. 


Baca Juga : Cara mengisi profil BIOUN
                    Cara Login BIOUN  

3 Tahapan verifikasi yaitu :

1. Verifikasi Oleh Operator sendiri
2. Verifikasi  bersangkutan pemilik Biodata
3. Verifikasi dari tim sukses UN

Hal itu dilakukan agar meminimalisasi kesalahan penulisan data.

Poin Empat, Sebenarnya point keempat ini hampir sama dengan point nomo dua, yaitu tentang memutasi siswa, Kalau ada siswa yang keluar segera dimutasi keluar dan jika adan siswa mutasi masuk pastikan madrasah sebelumnya sudah menghapus atau sudah memutasi siswa tersebut. caranya adalah menghubungi Operator Madrasahnya.

Point Lima, Disini kita di uji kevaliditas data kita karena memastikan data benar - benar valid. Kemudian Mendownload file EZ dan file EZ  hasil download di Upload ke BIOUN. Untuk tutorial Download File EZ dan Upload FILE EZ akan segera kami buat artikelnya. 

Point Enam,  Kita diingatkan lagi bahwa data harus benar - benar valid. Karena pada BIOUN tidak ada menu EDIT atau Revisi. Nah apabila salah jadi kita mengedit lewat emis online lagi, Download EZ File lagi Upload  EZ file lagi ke BIOUN. Jika seterusnya masih salah ya diulangi dari emis online. tapi tetap ingat tanggal jatuh temponya. 

Point Tujuh,   Untuk tetap jaga kesehatan, menggunakan waktu semaksimal mungkin fokus dan harus valid . Siap tenaga siap pikiran agar tidak kendala fisik ketika mengerjakan emis online.

Begitulah info - info Emisn yang lagi hitz. Semoga info yang kami bagikan ini dapat bermanfaat kepda teman - teman operator di seluruh Indonesia. Jangan lupa bagikan artikel ini agar info emis ini diketahui oleh operator lainnya. 

Dan bagi yang hendak copy paste artikel ini tolong minta ijin dulu kepada kami, setelah kami ijinkan jangan lupa mencamtukan link sumber yaitu emissimpatikazone.com, Jangan asal Copy Paste hargailah jerih payah kami dalam membuat artikel. 

Akhir kata kami ucapkan Terima Kasih.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact