logo

3 Tahapan Yang Harus diperhatikan Saat Mengelola Data Emis

3 Tahapan Yang Harus diperhatikan Saat Mengelola Data Emis

Mengelola emis sdm bukanlah hal yang sulit namun akan menjadi sulit setelah kita mngalami masalah yang tak kunjung terselesaikan. Masalah yang timbulpun sangat beragam, mulai dari permasalahan Human Error hingga permsalahan pada PC/Laptop yang kita gunakan untuk mengelola data emis. 
3 Tahapan Mengelola Emis SDM
3 Tahapan Mengelola Emis SDM
Kenyataanya permasalahan yang sering terjadi adalah Human Error yaitu kesalahan yang kita buat sendiri. Salah mengisi data, salah ketik, tidak mengesktrak aplikasi emis terlebih dulu, bahkan adapula operator yang lupa dengan kata sandi aplikasi dan lupa kata sandi dimana kita mengupload hasil backup emis. Jangan - jangan ada juga yang lupa dengan alamat web emis. Selain itu adapula yang mengalami error pada aplikasi atau pada komputernya.

Nah untuk meminimalisasi permasalahan diatas emissimpatikazone akan berbagi tips dan trik agar kalian para operator tidak mengalami permasalahan, setidaknya permasalah yang kita hadapi akan berkurang. Hal Yang Harus diperhatikan Saat Mengelola Data Emis terdiri beberap tahap yaitu persiapan awal, tahap inti dan tahap Akhir. Oke kawan Ceikdot...

TAHAP PERSIAPAN AWAL


1. CEK SISTEM WINDOWS DAN MS. EXCELL
Mengecek sistem windows sangatlah penting kebanyak operator yang tidak paham dengan sistem ini. Sistem yang dimaksud ni adalah sistem windows 32bit dan 64bit. Jika komputer kita menggunakan sistem windows 32bit maka aplikasi Ms. Excel kiya juga haru menggunakan versi 32bit. Dan jika komputer kita menggunakan sistem windows 64bit maka aplikasi Ms. Excel juga haru 64bit.

Cara cek sistem operasi windows sebagai berikut :   
- Tekan tombol windows di keyboard
- Ketikkan dxdiag  
- Tekan Enter
maka akan muncul tampilan informasi carilah  (Operating System : Windows .... 64 bit) Itulah sistem operasi windows kamu setiap kompoter/laptop berbeda-beda.

Cara cek sistem aplikasi Ms. Excel
- Buka Ms. Excel
- Klik File  - Klik Account
- Klik About Excel
Akan muncul tampilan informnasi aplikasi yang kita pakai.

2. Ekstrak Aplikasi Emis
Sebelum mengerjakan emis pastikan kalian sudah mengestrak aplikasi  yang berada di dalam file rar. karena jika menegerjakan di dalam rar maka apa yang kita kerjakan tidak tersimpan bahkan aplikasi bisa error. Cukup dengan klik kanan kemudian ekstrak file atau ekstrak here. Jangan lupa pula utuk mem-PATCH aplikasi jika ada patchnya.

Jika pada tahun 2017/2017 ini sudah tidak menggunakan aplikasi desktop maka tidak perlu mengekstraknya. Bergantung nanti bagaimana sistem pendataan emis pada tahun 2017/2018.

3. Dokumen Penunjang Data
Dokumen penunjang data ini sangat kita butuhkan karena sebagai acuan kita dalam mengisi form- form emis. Lumayan banyak juga dokumen yang harus kita siapkan  tetapi efeknya jika kita mempunyai Dokumen penunjang sangat luar biasa. Dokumen itu iyalah :
Wajib ada
- Kartu NISN
- Kartu Keluarga
- Ijazah dan SKHUN
- Akte Kelahiran
Opsional
- Kartu KKS, KPS, PKH, KIP dan lainnya sesuai yang anda butuhkan.

TAHAP INTI


Dalam tahap inti ini banyak yang harus kita perhatikan dintaranya :
1. Biodata
Biodata adalah inti dari pendataan ini, maka wajib dan sangat penting untuk megisikan biodata. Biodata yang diisikan bukan hanya sekedar menulis nama namun wajib kite perhatikan hurus dan spasi pada nama jangan sampai terjadi kesalahan penulisan. Biodata tersebut meliputi :
- Nama                                - Jenis Kelamin
- TTL                                  - Nomor Induk
- Alamat                              - NISN
- NIK
Semuanya itu harus benar - benar valid dan aman dari kesalahan. Agar data ini valid maka gunakanlah dokumen penunjang yang sudah kami sebutkan diatas pada tahap persiapan awal.

(Sekedar info pengalaman saja, jika terjadi antara akte dan ijazah biodatanya tidak sama alangkah baiknya kita menggunakan ijazah saja sebagai acuan. Namun harus dikoordinasikan dulu dengan orang tua dari siswa tersebut, jika sepakat menggunakan ijzah maka akte harus membuat lagi. Namun jika orang tua membenarkan akte kelahiran maka orang tua wali kita arahkan untuk meminta surat keterangan salah penulisan ijazah sesuai aturan yang ditentukan)

2. Kondisi Keluarga
Pada bagian ini kita dituntut untuk memasukkan tentang keadaaan keluarga yang sesuai dengan kenyaatan pada saat itu juga. data yang kita isikan berupa nama ayah, nama ibu, jumlah saudara kandung, pendikan orang tua, pendapatan perbulan.

Pada bagian ini kami yakin ada yang mengarang data dibagian pekerjaan dan penghasilan. Nah ayoo mulai dari sekarang kita hilnagkan budaya yang tidak baik itu. 

3. Kepesertaan Ujian
Mengisikan data yang terkait dengna Ujian Nasional wajib kita lakukan karena tanpa data ini siswa tidak terdeteksi kalau siswa tersebut pernah mengikuti Ujian Nasional jenjang sebelumnya. Data yang kita isikan ini berupa Nomor Peserta Ujian Nasional, Asal Sekolah, dan Nilai Ujian Nasional. No Blangko Ijazah dan No Blangko SKHUN.

TAHAP AKHIR


1. Memastikan Data
Pastika semua data yan kita isi sudah valid dan terbukti keakuratannya. Tidak ada siswa yang mempunyai nomor induk lokal yang sama. Tidak ada siswa yang salah penulisan dan memastikan data kita buka data manipulasi.

2. Tidak ada Error
Antispasi dan selesaikan error jika kedapatan ada aplikasi yang terjadi error. Karena ini sangat fatal apabila ada diwal sudah error maka pada akhir dipastikan error. 

3. Doa
Berodoa adalah bagian dari usaha kita. Semua data yang kita kerjakan yang sudah kita usahakan keakuratannya  semoga tidak terjadi permasalahan yang menyebabkan kita telatt.

Itulah 3 Tahapan Yang Harus diperhatikan Saat Mengelola Data Emis. Mari kita sukseskan pendataan di tingkat Kementerian Agama. Apabila teman - teman ini mengalami jangan segan-segan bertanya mencari solusinya. 

Demikian tips dari emissimpatikazone, jangan lupa share jika artikel ini bermnafaat dan juga silahkan bekomentar tentang artikel ini jika dirasa ada kekurangan kami mohon maaf. Kami hanya manusia biasa yang banyak salah. Terima Kasih atas Kunjungannya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact